Program Python Kalkulator Sederhana Menggunakan Spyder Anaconda | Belajar Python Dasar

Program Python Kalkulator Sederhana Menggunakan Spyder Anaconda  | Belajar Python Dasar
Program Python Kalkulator Sederhana Menggunakan Spyder Anaconda  | Belajar Python Dasar



Galery-it.site - Pada kali ini saya akan share tugas kuliah saya untuk membuat kalulator sederhana berbasis teks menggunakan Python. Pada kalkulator yang dibuat, program menerima jenis operasi dan angka (banyaknya tergantung jenis operasi, contoh 2 buah angka + - dll tetapi 1 angka untuk faktorial) dan mengeluarkan hasil kalkulasi sesuai dengan masukan pengguna.

Setelah mengeluarkan hasil, program secara otomatis mengulang permintaan input pengguna untuk kalkulasi selanjutnya sampai pengguna memasukan kata 'end' pada input jenis operasi.
Setelah pengguna mengakhiri program dengan operasi 'end', program menampilkan 'bar chart' (Matplotlib) yang menggambarkan berapa kali masing - masing operasi dipanggil selama program dijalankan.

Setiap operasi dibuat dalam bentuk fungsi terpisah, Untuk menggunakan operasi, fungsi - fungsi tersebut dipanggil dalam program utama. Berikut daftar operasi yang bisa digunakan di aplikasi kalkulator sederhana ini . 

Input operasi harus di isi dengan daftar operasi diatas, jika diisi selain itu, maka akan muncul "Operasi tidak dikenali, silahkan ulangi".
Program Kalkulator Sederhana Menggunakan Python  | Belajar Python Dasar
Daftar Operasi yang digunakan atau dipakai di aplikasi kalkulator


Untuk Source code dan menjalankan Program Kalkulator Sederhana Menggunakan Python  bisa langsung dilihat dibawah ini :


nb : higlight diatas bisa di run langsung, akan tetapi grafik Matplotlib tidak akan muncul / error karena editor online diatas tidak support Matplotlib 

Jika coding diatas error atau tidak muncul, Download source code kalkulator sederhana ini DISINI

Contoh Penggunaan Kalkulator Sederhana ini bisa dilihat digambar dibawah ini:
Program Kalkulator Sederhana Menggunakan Python  | Belajar Python Dasar
Program Kalkulator Sederhana Menggunakan Python  | Belajar Python Dasar

Program Kalkulator ini saya buat menggunakan teks editor spyder dari Anaconda. Teman-teman bisa menggunakan teks editor lain sesuai apa yang biasa teman - teman pakai dalam pembelajaran bahasa pemrograman python.

Pada akhir program akan tampil grafik , mengapa bigitu?
Karena untuk melatih agar terbiasa untuk menampilkan data yang kita olah tentu tidak elok apabila ditampilkan begitu saja dengan tabel hitam saja kepada investor atau manajemen ketika sudah bekerja kelak. Bila ditampilkan dengan sejumlah grafik berwarna pasti mereka akan lebih tertarik melihatnya. Matplotlib membantu kita untuk memvisualisasikan data dengan lebih indah dan rapi.

Ada plot untuk menampilkan data secara 2D atau 3D. Sehingga kamu dapat menampilkan data yang telah kamu olah sesuai kebutuhan. Matplotlib pun terintegrasi dengan iPython Notebook atau Jupyter dimana kamu dapat membuat sebuah buku interaktif yang dapat diberi penjelasan dan kode yang disisipkan begitupun hasil plottingnya.

Matplotlib adalah library paling banyak digunakan oleh data science untuk menyajikan datanya ke dalam visual yang lebih baik.

Sekian untuk saat ini, diatas sekali lagi contoh soal latihan kuliah teknik informatika. Untuk pertanyaan bisa komentar dibawah :)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Program Python Kalkulator Sederhana Menggunakan Spyder Anaconda | Belajar Python Dasar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel