Belajar Python Pemula : Program Sederhana Cek Bilangan Ganjil atau Genap Dengan Python

Belajar Python Pemula ; Program Sederhana Cek Bilangan Ganjil atau Genap
(gbr Cek bilangan ganjil atau genap)

Belajar Dasar Python - Dalam proses Belajar Bahasa Pemrograman, baik kalanya kawan-kawan membaca artikel ini agar lebih faham tentang cara membuat program sederhana tentang cek bilangan ganjil atau genap.

Cara menentukan  atau membedakan antara suatu Bilangan adalah  Ganjil atau Genap pada dasarnya sudah diketahui oleh Siswa setingkat Sekolah Dasar (SD), tapi tak jarang juga teman-teman kitapun bisa lupa khususnya definisi mengenai apa itu bilangan Ganjil dan Genap .

Maka, sebelum saya memberi tahu cara membuat  Program Sederhana yang tertulis dijudul artikel ini, saya akan jelaskan sedikita tentang Apa itu Bilangan Ganjil dan Genap?

Bilangan Ganjil

Bilangan Ganjil adalah bilangan yang tidak habis dibagi 2, Suatu bilangan bulat dapat dikatakan bilangan ganjil jika tidak habis dibagi 2 .

Contoh Bilangan Ganjil : 3, 5, 7, 11, 13 ... dan bilangan seterusnya yang jika dibagi dua memiliki sisa bagi, atau tidak habis jika dibagi dua.

Bilangan Genap

Bilangan Genap adalah suatu bilangan yang tidak memiliki sisa bagi saat dibagi dua, atau nilai sisa bagi dari bilangan genap yang dibagi dua sama dengan 0.

Contoh Bilangan Genap : 2, 6, 8, 10, 12, 14 ... dan seterusnya yang jika bilangan tersebut dibagi dua tidak memiliki sisa bagi.

Sisa bagi dalam Matematika disebut Modulus. 


Apa itu Modulo Atau Sisa Bagi?

Dalam membuat Program Sederhana Cek Bilangan Ganjil atau Genap kita akan menggunakan Operator Modulus / Modulo . Modulus atau Sisa pembagian sendiri yaitu Operasi yang menghasilkan sebuah hasil sisa bagi dari pembagian suatu bilangan terhadap bilangan lain. 

Dalam bahasa Matematika, Modulo dilambangkan dengan MOD, sedangkan dalam bahasa pemrograman Python, Modulo dilambangkan dengan symbol persen "%" (tanpa petik).
Bahasa Matematika : 3 MOD 2 = 1
Bahasa Python       : 3 % 2 = 1

Kembali ke topik pembahasan, dalam membuat Program Sederhana Cek Bilangan Ganjil atau Genap, kita akan menggunakan Operasi Modulo dan Menentukan Bilangan tersebut Ganjil atau genap.

Karena diatas sudah disebutkan bahwa Bilangan Ganjil adalah yang tidak habis dibagi 2 atau memiliki sisa bagi saat dibagi dua sedangkan bilangan Genap adalah suatu bilangan yang tidak memiliki sisa bagi atau sisa bagi dari bilangan tersebut adalah 0.

Maka Rumus yang digunakan untuk membedakan atau menentukan bilangan ganjil atau genap di bahasa Python yaitu sebagai berikut :
Genap : n % 2 = 0
Ganjil : n % 2 > 0

Ket : n Adalah bilangan yang akan kita tentuka lewat input apakah bilangan tersebut ganjil atau genap

Setelah mendapatkan rumus diatas, selanjutnya kitatentukan algoritma apa yang akan kita gunakan dalam pembuatan syntaxnya.

Disini saya akan menggunakan Algoritma Pemilihan (If, Else), dimana instruksi akan dikerjakan ketika kondisi memenuhi syarat.

Setelah kita Faham tentang yang dijelaskan diatas, Berikut adalah Syntax untuk mengecek suatu Bilangan Ganjil atau Genap dalam bahasa Python :
bilangan=int(input("Masukan bilangan : "))
if bilangan %2 == 0 :
    print(bilangan, "Adalah Bilangan Genap")
else :
    print(bilangan, "Adalah Bilangan Ganjil")

Penjelasan :

  • Kita akan tentukan dahulu bilangan atau angka berapa yang akan di tes Ganjil Atau Genap dengan syntax Input.
  • Setelah itu kita masuk ke bagian pemilihan atau pengetesan dengan algoritma Pemilihan If, Else dengan Kondisi atau rumus yang sudah saya berikan diatas.
  • Jika Kondisi Bernilai TRUE yaitu bilangan %2 == 0 , maka perintah selanjutnya dijalankan dengan mengeksekusi perintah print(bilangan, "Adalah Bilangan Genap")
  • Jika kondisi bernilai salah alias bilangan %2 != 0 , maka perintah else dieksekusi dengan berisi perintah print(bilangan, "Adalah Bilangan Ganjil")
Screenshot Program saat dijalankan  : 

Program Sederhana Cek Bilangan Ganjil atau Genap
(gbr Program Sederhana Cek Bilangan Ganjil atau Genap) 

Itulah syntax dari Program Sederhana Cek Bilangan Ganjil atau Genap yang dapat saya sampaikan. 
Sampai disini dahulu pembahasan mengenai Program Sederhana Cek Bilangan Ganjil atau Genap, semoga kedepannya saya dapat membuat artikel lainnya khususnya artikel tutorial membuat program sederhana yang dapat kawan-kawan jadikan bahan untuk belajar bahasa pemoragraman. 

Jangan lupa tulis dikomentar jika ada yang belum faham .
Terimakasih dan Sampai jumpa di artikel lainnya :)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Belajar Python Pemula : Program Sederhana Cek Bilangan Ganjil atau Genap Dengan Python"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel