Hacker Retas Situs Karya Anak Bangsa Faceindo Mobile

Aplikasi Sosial Media Terbaru Karya Anak Bangsa, Faceindo Mobile Diretas
Hacker Retas Situs Karya Anak Bangsa Faceindo Mobile

Faceindo Terkena Serangan Hacker

Mendadak Trending di kalangan warganet indonesia, akhirnya Faceindo mobile terkena serangan hacker.

Kita telah di hebohkan sekaligus dibanggakan oleh kehadiran Situs Sosial Media buatan anak bangsa yang diberi nama Faceindomobile.com, dengan hadirnya Faceindomobile dapat memberi sinyal bahwa tingkat penggunaan maupun pemahaman teknologi indonesia khususnya perangkat lunak mulai berkembang dengan baik.

Kabar hangat ini disebarkan oleh seorang pengguna Facebook dengan akun Fahrul Aozora pada Rabu (19/2) yang langsung viral dikalangan warganet indonesia.

Fahrul menjelaskan tentang Faceindo Mobile serta sejumlah fitur dan kemanan. Dirinya bahkan juga menyertakan foto cuplikan layar, dimana ia telah membuat akun di aplikasi tersebut.



Kiriman tersebut sontak menjadi trending di kalangan warganet. Hingga artikel di tulis pada Jumat (22/2) dini hari, total kiriman tersebut disukai 526 pengguna dan dibagikan lebih dari 1000 kali ! Tentunya dengan ratusan dan beragam komentar pro maupun kontra.

Tapi apakah benar Aplikasi besutan anak bangsa ini aman?

Baru Muncul, Aplikasi Faceindo Sudah Kena Retas
Aplikasi Sosial Media Terbaru Karya Anak Bangsa, Faceindo Mobile Diretas 

Admin iseng-iseng buka situs tersebut pada sepertiga malam, dan ternyata situs tidak bisa diakses sepenuhnya karena halaman depan sudah terkena deface dari hacker yang berinisial  Chemod-77.

Apaitu Deface?

Dikutif dari website www.indoworx.com, Deface merupakan salah satu kegiatan merubah tampilan suatu website baik itu halaman utama, index file, atau pun halaman lain yang masih terikat dalam satu url dengan website tersebut. Kegiatan ini sendiri kerap disalahgunakan oleh para peretas untuk mengganggu website-website tertentu.

Adapun web deface ini dapat dilancarkan dengan baik apabila terdapat celah pada sistem keamanan website korban, dan ciri-ciri sebuah website terkena serangan ini yakni adalah terjadinya perubahan tampilan pada website bersangkutan dengan tampilan yang biasanya berisi pesan-pesan aneh dari para peretas.

Jadi sudah jelas bahwa tingkat keamanan dari situs yang baru lahir ini belum terjamin, website yang terkena Deface bisa jadi website yang memang kurang baik dalam hal keamanan maupun konfigurasi-konfigurasi yang menjamin keamanan.

Sebelum Faceindo, ada beberapa website besar hingga website milik Pemerintahan yang pernah terkena Deface, yaitu :
  1.  Situs Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI)
  2.  Situs Resmi RCTI
  3.  Situs Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI)
  4.  Situs TV One
  5.  Situs Dumas KomInfo
Dan masih banyak lagi termasuk situs penyedia layanan internet, Telkomsel.

Lantas Sekarang Kenapa jika Faceindo terkena Deface?

Tentu website yang baru meluncur akan memberikan kepercayaan penuh kepada calon penggunanya terutama tentang keamanan, seperti yang informasikan faceindo ini. Tapi tahukah anda? ketika Faceindo memberitakan situsnya terjamin aman dan bahkan tahan dari serangan peretas malah akan memancing para oknum maupun hacker-hacker untuk meretas situs tersebut, dan kemungkinan terertasnya sangat tinggi.

Para hacker meretas situs tersebut bukan tanpa sebab, bisa saja mereka melakukan hal tersebut agar situs yang terserang dapat memperbaiki celah pada website mereka dan dengan demikian website dapat lebih meningkatkan secure/keamanannya. itulah prasangka positifnya, walaupun masih ada hal-hal lain kenapa website terkena serangan hacker

Naaahh.. Dengan ter deface nya situs faceindo, kita sebagai calon pengguna sosial media harus lebih berhati-hati, berahati-hati kepada situs-situs baru yang bisa saja kemanan situs tersebut rapuh hingga akhirnya data-data kita bisa saja di curi.

Tentu kita mendukung sekali terobosan baru karya anak bangsa telah menciptakan situs sosial medianya, tetapi kita harus tetap berhati-hati karena kemanan situs baru belum terjamin dengan baik.

Sekian artikel ini, sampai jumpa

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Hacker Retas Situs Karya Anak Bangsa Faceindo Mobile"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel