6 Prestasi B.J. Habibie yang Patut Dijadikan Teladan Millennial

6 Prestasi B.J. Habibie yang Patut Dijadikan Teladan Millennial
6 Prestasi B.J. Habibie yang Patut Dijadikan Teladan Millennial

Galery-it.site - Kabar duka kembali menyelimuti indonesia. Salah satu tokoh berpengaruh dengan segudang prestasi hingga kisah inspiratif bagi semua kalangan akhirnya berpulang ke Rahmatullah, beliau adalah Baharuddin Jusuf Habibie atau biasa disebut BJ Habibie dikabarkan Meninggal .

Salah satu tokoh berpengaruh Indonesia atau Presiden Republik Indonesia ke - 3 ini meninggal dunia di RSPAD Gatot Subroto sekitar pukul 18.05 WIB. BJ Habibie meninggal akibat sakit yang dideritanya.

Semasa beliau hidup, BJ Habibie merupakan tokoh dengan penuh prestasi. Bahkan prestasinya mendunia. Pemilik nama asli Bacharuddin Jusuf Habibie tersebut memiliki segudang prestasi yang mengharumkan nama bangsa. Dikenal cerdas dan ahli dalam dunia penerbangan, kiprah B.J. Habibie membuat berbagai pihak berdecak kagum.

Harum namanya adalah bukti hasil dari sederet pencapaian yang telah beliau ukir. Bahkan, kisah hidupnya diangkat menjadi film layar lebar yang penuh kisah inspiratif bagi segala kalangan.
Capaian sukses B.J. Habibie layak dijadikan teladan, utamanya oleh generasi muda masa kini (milenial).

Berikut ulasan dari enam prestasi B.J. Habibie yang membanggakan :

1. Meraih gelar doktor dengan predikat summa cumlaude yang tak semua orang bisa mendapatkannya saat menimba ilmu di Jerman. 

Meraih gelar doktor dengan predikat summa cumlaude yang tak semua orang bisa mendapatkannya saat menimba ilmu di Jerman.
foto bj habibie saat di jerman

Sedari muda BJ Habibie memiliki tingkat kecerdasaan luar biasa. Beliau mendapat prestasi di bidang eksata sejak di bangku sekolah,  Ketika berkuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB), BJ Habibie menerima beasiswa kuliah di Aachen, Jerman. Beliau pun mengambil kesempatan yang tak terulang kembali tersebut.

Kegigihan hingga Keuletan dirinya semasa menimba ilmu di negeri orang membuahkan hasil. Beliau mendapat gelar Diploma Ing, dari Technische Hochschule, Jerman tahun 1960 dengan predikat Cumlaude (Sempurna) dengan nilai rata-rata 9,5. Lima tahun berselang tepatnya pada 1965 Habibie menyabet gelar doktor dengan predikat summa cumlaude berkat nilai rata-rata 10 alias sempurna. Sebuah pencapaian yang tak semua orang bisa meraihnya.

2. Dijuluki Mr. Crack atas Rumus yang di temukannya yang dinamai "Faktor Habibie".

6 Prestasi B.J. Habibie yang Patut Dijadikan Teladan Millennial
dijuluki mr. crack atas rumusnya yang dinamai faktor habibie di dunia dirgantara

Kejeniusan Habibie dalam dunia dirgantara juga melahirkan penemuan penting. salah satunya Rumus yang di temukan olehnya yang dinamai "Faktor Habibie" karena bisa menghitung keretakan atau krack propagation on random sampai ke atom-atom pesawat terbang sehingga ia di juluki sebagai "Mr. Crack".

Rumus yang dinamai Faktor Habibie ini pun diakui oleh dunia penerbangan dan dipakai oleh berbagai perusahaan maskapai di dunia.

3. Diangkat menjadi wakil direktur perusahaan penerbangan Jerman

Diangkat menjadi wakil direktur perusahaan penerbangan Jerman
diangkat menjadi wakil direktur perusahaan penerbangan jerman

Berada di negeri rantau ternyata membuka jalan karier bagi Habibie. Setelah menamatkan gelar diploma, beliau bekerja di Firma Talbot yang merupakan perusahaan kereta api. Pada perusahaan tersebut Habibie mendesain kereta untuk mengangkut barang dalam jumlah besar. Rancangannya dituntaskan menggunakan teknologi konstruksi sayap pesawat.

Kariernya berlanjut setelah menyabet gelar doktor. Habibie mendapat pekerjaan di sebuah perusahaan penerbangan Messerschmitt-Bolkow-Blohm (MBB). Di perusahaan tersebut, Habibie pernah menduduki dua jabatan sekaligus, yakni Direktur Teknologi dan Vice President MBB.


4. Raih sejumlah penghargaan nasional hingga internasional berkat jasanya pada dunia penerbangan

Raih sejumlah penghargaan nasional hingga internasional berkat jasanya pada dunia penerbangan
Raih sejumlah penghargaan nasional hingga internasional berkat jasanya pada dunia penerbangan

Pada tahun 1967, menjadi Profesor kehormatan (Guru Besar) pada Institut Teknologi Bandung. dari tempat yang sama tahun 1965.

Kejeniusan dan prestasi inilah yang mengantarkan Habibie diakui lembaga internasional di antaranya, Gesselschaft fuer Luft und Raumfahrt (Lembaga Penerbangan dan Angkasa Luar) Jerman, The Royal Aeronautical Society London (Inggris), The Royal Swedish Academy of Engineering Sciences (Swedia), The Academie Nationale de l'Air et de l'Espace (Prancis) dan The US Academy of Engineering (Amerika Serikat).

Sementara itu penghargaan bergensi yang pernah diraih Habibie di antaranya, Edward Warner Award dan Award von Karman yang hampir setara dengan Hadiah Nobel. Di dalam negeri, Habibie mendapat penghargaan tertinggi dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Ganesha Praja Manggala Bhakti Kencana.

5.Ditunjuk sebagai Presiden Direktur PT. IPTN, produksi pesawat milik bangsa

Ditunjuk sebagai Presiden Direktur PT. IPTN, produksi pesawat milik bangsa
Ditunjuk sebagai Presiden Direktur PT. IPTN, produksi pesawat milik bangsa

Kembali ke Indonesia tak membuat Habibie meninggalkan dunia penerbangan. Pada 1976 ketika PT. Industri Pesawat Terbang Nurtanio pertama kali berdiri, Habibie langsung menemepati posisi penting sebagai Presiden Direktur.

Selama berada di perusahaan itu, Habibie berhasil menciptakan pesawat pertama buatan Indonesia yang dinamai N250 Gatot Kaca. Pesawat cipataannya itu sudah dapat terbang tanpa mengalami oleng berlebihan dan menempuh 900 jam terbang. Tahun 2017 lalu, Habibie bahkan kembali melanjutkan proyek pesawat terbang dengan nama seri R80.

6. Jabat Menteri Riset dan Teknologi hingga jadi Presiden RI ke-3 menggantikan Soeharto

Jabat Menteri Riset dan Teknologi hingga jadi Presiden RI ke-3 menggantikan Soeharto
Jabat Menteri Riset dan Teknologi hingga jadi Presiden RI ke-3 menggantikan Soeharto

Di Indonesia, Habibie 20 tahun menjabat Menteri Negara Ristek/Kepala BPPT, memimpin 10 perusahaan BUMN Industri Strategis, dipilih MPR menjadi Wakil Presiden RI, dan disumpah oleh Ketua Mahkamah Agung menjadi Presiden RI menggantikan Soeharto menjadi Presiden Republik Indonesia ke 3. Soeharto menyerahkan jabatan presiden itu kepada Habibie berdasarkan Pasal 8 UUD 1945.

Sampai akhirnya Habibie dipaksa pula lengser akibat refrendum Timor Timur yang memilih merdeka. Pidato Pertanggungjawabannya ditolak MPR RI. Beliau pun kembali menjadi warga negara biasa, kembali pula hijrah bermukim ke Jerman.

Itulah prestasi-prestasi beliau yang membuat kita sebagai warga negara indonesia bangga hingga menyisakan duka mendalam saat kepergiannya.

Dibawah ini beberapa kutipan inspiratif beliau :

kutipan inspiratif bj habibie
kutipan inspiratif bj habibie

“Apa yang seharusnya dilakukan oleh anak muda Indonesia untuk membuat negeri ini lebih baik? Meningkatkan disiplin, produktivitas dan kualitas berpikir, berkerja serta berkarya sesuai kebutuhan masyarakat di sekitarnya.
Untuk mencapai semua ini, anak muda Indonesia harus cinta pada sesama manusianya, cinta pada karya sesama manusianya, cinta pada lingkungan hidupnya, cinta pada pekerjaanya, dan cinta pada Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT.”

“Cara yang tepat untuk selalu dapat menjaga semangat dalam berkarya dan bermanfaaat pada negeri adalah dengan selalu berkerja profesional, sistematik dan berkelanjutan sampai berhasil.
Keberhasilan akan menjadi penggerak utama semangat. Kegagalan akan menurunkan semangat.
Namun, kegagalan akan dapat menggerakan intensivitasnya berpikir secara rinci, sehingga dalam waktu sesingkat-singkatnya dapat mengubah kegagalan menjadi keberhasilan.”

“Rahasia untuk bisa mengembangkan diri menjadi pribadi kreatif dan inovatif adalah selalu berpikir secara rinci dan positif. Kualitas karya dan kualitas kerja ditentukan oleh kualitas rinci.”

Selamat tinggal Baharuddin Jusuf Habibie, jasa-jasamu takan kami lupakan sebagai milenial, meneruskan perjuanganmu merupakan bukti namamu termasuk jajaran tokoh nasional yang sangat berjasa.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "6 Prestasi B.J. Habibie yang Patut Dijadikan Teladan Millennial"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel