Apa itu Machine Learning (Pemelajaran mesin)

Apa itu Machine Learning (Pemelajaran mesin)
Apa itu Machine Learning (Pemelajaran mesin) 
Galery-it,site - Artikel yang akan saya bahas ini adalah lanjutan dari pembahasan sebelumnya yaitu tentang tonggak-tonggak sejarah perkembangan artificial intellegence atau kecerdasan buatan, untuk kamu yang belum baca artikel sebelumnya tersebut boleh dibuka kembali artikel nya ya, sebelum lanjut tentang bahasan kita kali ini yaitu tentang Machine Learning.

Machine Learning

Seperti yang telah dijelaskan di artikel sebelumnya, machine learning adalah salah satu cabang dari ilmu Kecerdasan Buatan, khususnya yang mempelajari tentang bagaimana komputer mampu belajar dari data untuk meningkatkan kecerdasannya. Berikut ini adalah pengertian Machine Learning menurut para ahli.

Menurut Arthur (1959)
Kemampuan komputer untuk melakukan pembelajaran tanpa harus menjelaskan atau terprogram secara eksplisit kepada komputer

Menurut Tom Mirchael (1997)
Komputer yang memiliki kemampuan melakukan belajar dari pengalaman terhadap tugas-tugasnya dan mengalami peningkatan kinerja.

Menurut Budiharto (2016)
Tipe dari kecerdasan buatan yang menyediakan komputer dengan kemampuan untuk belajar dari data, tanpa secara eksplisit harus mengikuti instruksi terpogram.

Dengan melihat berbagai definisi di atas, Machine Learning memiliki fokus pada pengembangan sebuah sistem yang mampu belajar sendiri untuk memutuskan sesuatu, tanpa harus berulang kali diprogram oleh manusia. Dengan metode tersebut, mesin tidak hanya bisa menemukan aturan untuk perilaku optimal dalam pengambilan keputusan, namun juga bisa beradaptasi dengan perubahan yang terjadi. Dalam pembelajaran mesin, Anda menganalisis kumpulan data yang besar untuk menemukan pola.
Perbedaan pemrograman tradisional dan machine learning
Perbedaan pemrograman tradisional dan machine learning

Melalui algoritma pembelajaran mesin, kita perlu melatih komputer sedemikian rupa sehingga dapat memahami model objek yang dikenali manusia. Lalu apa perbedaan pemrograman tradisional dengan pemrograman menggunakan machine learning ? Gambar diatas menunujukan perbedaan keduanya menurut Brownlee (2015), Pada pemrograman tradisional, data dan program dijalankan pada komputer untuk menghasilkan output , sedangkan pada pemrograman menggunakan machine learning, data dan output dijalankan pada komputer untuk membuat program, dan kemudian program tersebut bisa digunakan dalam pemrograman tradisional.

Aplikasi machine learning pada websearching
Aplikasi machine learning pada websearching

Sekian pada pembahasan tentang Machine Learning ini, selanjutnya kita akan bahasa tentang Aplikasi Machine Learning yang dimana artikel tersebut membahas tentang aplikasi-aplikasi yang sering kita pakai yang dimana menggunakan teknologi machine learning didalamnya.

Sekian dan terimakasih.:)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Apa itu Machine Learning (Pemelajaran mesin) "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel