Keunggulan Bahasa Pemrograman Python Dibanding Bahasa Pemrograman Lain

Keunggulan Bahasa Pemrograman Python Dibanding Bahasa Pemrograman Lain
Keunggulan Bahasa Pemrograman Python Dibanding Bahasa Pemrograman Lain

Python memang muncul belakangan dibandingkan dengan bahasa-bahasa pemrograman mainstream semacam bahasa C, Visual Basic, Java atau PHP. Tetapi Python berkembang cukup pesat karena memiliki berbagai kelebihan seperti aspek readibility, multifungsi, interoperabilitas dan juga dukungan komunitas yang memadai. Berikut adalah beberapa kelebihan bahasa pemrograman Python dibanding dengan bahasa-bahasa pemrograman lainnya.

1. Keterbacaan dan Readibility

Pengembang bahasa pemrograman python menekankan aspek readiility pada sintaks serta kode-kode dasar programnya. Python memiliki sintaks yang sederhana, sehingga mudah ditulis dan dipahami. Python memiliki sintaks yang sederhana sehingga mudah ditulis, mudah diingat dan juga digunakan ulang. Hal ini tentu akan memudahkan pengembangan aplikaso, mulai tahap coding, testing, perbaikan jika ada kesalahan, bug error lainnya, serta mempermudah pemeliharaan dalam oprasionalisasinya.

2. Efesien

Memiliki aspek keterbacaan yang baik dan programmer friendly, memberikan efeseiensi bagi programmer dalam membuat program. Python juga memiliki library yang lengkap sehingga untuk mendapatkan program yang sama, python code akan lebih simpel dibanding dengan kode yang ditulis dengan bahasa pemrograman lainnya semisal C, C# maupun C++. Hal ini tentu akan meningkatkan produktivitas dan juga menghemat waktu pengembangan aplikasi bagi para programmer.

3. Multifungsi

Python merupakan bahasa pemrograman multifungsi. Artinya, dengan menggunakan python, kita bisa membuat website, membuat aplikasi jaringan, pengembangan aplikasi bidang robot robotika, sampai pada pengembangan aplikasi kecerdasan buatan. Hal itu dikarenakan bahasa pemrograman ini memiliki banyak dukungan library (pustaka). Python memiliki banyak modul siap dipakai untuk pengembangan aplikasi sesuai kebutuhan.

4. Interoperabilitas

Python memiliki Interoperabilitas yang tinggi, karena mampu berinteraksi dengan bahasa-bahasa pemrograman lain. Kode-kode program menggunakan Python dipanggil oleh bahasa lain seperti Java, C atau C++, demikian juga sebaliknya kode bahasa pemrograman lainnya bisa dipanggil dari bahasa pemrograman Python ini.

Selain it, program yang dikembangkan menggunakan bahasa python dapat dioperasionalisasi pada hampir semua sistem operasi baik Windows, Linux, Max OS, Unix, dan juga sistem operasi pada perangkat berbasis mobile seperti Android atau IOS.

5. Dukungan Komunitas

Sebagaimana program-program opensource, Python memiliki dukungan komunitas yang sangat kuat. Dukungan inilah yang sampai saat ini membuat Python terus berkembang. Dengan komunitas yang baik, mempermudah pengguna untuk saling bertanya dan berbagi tentang pemrograman tersebut. Komunitas python merupakan komunitas yang sangat aktif mengembangkan bahasa pemrograman ini sehingga menjadi bahasa yang handal.

Keunggulan Bahasa Pemrograman Python Dibanding Bahasa Pemrograman Lain
Komunitas Python Software Foundation


Dengan berbagai kelebihan diatas, Python berkembang pesat dan digunakan oleh banyak aplikasi-aplikasi zaman sekarang. Google misalnya, menggunakan Python untuk melakukan optimalisasi mesin pencarinya. Facebook juga demikian, menggunakan framework Django sebagai mesin pengolah sisi server. Dropbox juga menggunakan python baik untuk pemrograman sisi server maupun pengguna lainnya.

Sekian artikel mengenai Keunggulan Bahasa Pemrograman Python Dibanding Bahasa Pemrograman Lain. Tunggu artikel lainnya tenytang Instalasi Python menggunakan Anaconda.

Artikel ini berasal dari buku Fundamental Of Python For Machine Learning karya Teguh Wahyuno yang kalian bisa dapatkan di Gramedia dengan harga Rp. 59.000

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Keunggulan Bahasa Pemrograman Python Dibanding Bahasa Pemrograman Lain"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel